Jangan Maen Kompie Sambil Denger Orang Ngajie!!! ~ ELKATRON

Translate Here / Terjemahkan

Wednesday, May 14, 2008

Jangan Maen Kompie Sambil Denger Orang Ngajie!!!

for everyone . nie ada pesan yang sangat dari Fatah dengerin n baca baik-baik jangan sekedar baca otreeh



Aku punya paman. Adik ibuku. Namanya H. Muhsan Yunus, L.C. Pake gelar yang lengkap, biar keren. Hehehe...

Dia termasuk salah satu anggota keluarga besar Yunus yang aku takuti – tepatnya, paling aku segani. Secara beliau itu paling alim – di mataku, lulusan Universitas di Makkah, ilmunya luas, bahasa Arabnya jago (so pasti), dan orangnya pun berwibawa.


Banyak di antara kami – ponakan-ponakannya – yang takzim alias segan pada beliau. Pada istri dan anak-anaknya pun begitu. Dulu, tiap kali mereka datang satu keluarga ke rumah kami, aku dan saudara-saudaraku yang lain banyak yang ‘melarikan diri’. Sembunyi. Segan bergaul dengan anak-anak mereka yang berpenampilan lebih trendi, syar’i, dan Islami. Takut disuruh menghapal ayat-ayat pendek. Takut diceramahi agama. Hehe...

Jika sudah tiba waktu shalat, nggak ada istilah ‘tidak ikut berjamaah’. Beliau yang mengimami. Bacaannya bagus. Makharijul hurufnya pas. Sekali lagi, maklum. Lulusan Makkah Al-Mukarromah. So, gak heran kalo keluarga besar kami pun lebih akrab memanggil beliau, Mamiq Mekkah.

Beda dengan bapakku yang agak moderat gitu. Berjamaah atau shalat sendirian, it’s fine. Mau ngaji di musholla atau ngaji di rumah, it’s OK. Mau makan sambil nonton TV atau makan berjamaah di atas bale-bale bambu, gak masalah. Pendeknya, bapakku lebih moderat.

Beda bangetlah dengan Mamiq Mekkah. Menurut seorang Fatah kecil, kalau beliau mengajak shalat berjamaah, gak boleh tidak. Kalau tidak ikut, malu sendiri, segan sendiri, takut sendiri pas berpapasan dengan beliau. Makan tidak boleh sambil nonton TV. Harus konsen makan. Pake sistem jamaah pula alias makan bareng-bareng.

Pokoknya, entah kenapa, rasa segan – bisa dibilang takut – ku pada beliau, makin besar. Tak heran jika dia mengajak kami menginap di rumahnya, yang sering terjadi adalah penolakan. Gak mau menginap. Alasannya? Ya itu tadi. Gak bisa bebas kalau di rumahnya. Pergi ke mana-mana harus minta izin dulu ama dia. Harus ikut shalat jamaah. Kadang-kadang disuruh jadi muazzin atau imam bagi anak-anaknya – kalau beliau lagi gak di rumah. Kadang-kadang disuruh ngapal juzz amma. Shalat subuh musti jamaah. Disuruh pula bangun tengah malam buat tahajud. Pokoknya, semua kebiasaanku di rumah, amat sangat bertolak belakang dengan yang beliau terapkan pada anak-anaknya.

Hehehehe... (namanya juga anak kecil, punya ortu moderat, so pasti gak nyaman banget berada di rumah Mamiq Mekkah yang lebih disiplin dalam ibadah).

Well, aku punya satu kisah yang sering membuatku senyam-senyum sendiri bila mengingatnya. Ini masih terkait dengan aku dan Mamiq Mekkah.

Kalo gak salah, aku masih kelas dua SMA. Ketika itu, Mamiq Mekkah dan anak-anaknya datang ke rumahku. Biasa. Silaturrahmi dengan ibunya – nenekku – yang tinggal satu rumah denganku.

Nah, aku kan punya komputer desktop. Salahnya, aku tuh naruh si kompie di ruang tamu. *tempat yang gak banget*.

Waktu itu, aku dan anak-anaknya Mamiq Mekkah, lagi asyik maen kompie. Nge-game-lah. Muter mp3. Share file-file-lah dsb...

Kebetulan pula, Mamiq Mekkah, pamanku itu, lagi kedatangan tamu. Sobat lamanya mungkin. Aku gak terlalu paham. Karena tau karakter pamanku itu kayak gimana, maka sambil maen kompie, aku pun sengaja muter ayat-ayat Al-Qur’an via winamp. Volume speaker-nya sengaja aku naikin.

Sengaja muter mp3 murottal, biar kesannya Islami, and agar tidak suruh matiin kompie, eh...tak dinyana tak disangka, niat tak baikku itu justru berbuah ceramah dari Mamiq Mekkah.

“Janganlah Kau Main Komputer Sambil Dengar Orang Ngaji!”

Emang sih gak sekaku itu ngomongnya. Tapi, pada intinya begitulah. Pamanku itu pun menyambung kata-katanya.

“Kalau ada orang ngaji, didengerin! Perhatikan!”

Dan tahu gak ujung-ujungnya gimana? Dengan rasa takut agar tidak diceramahi lebih panjang lagi, aku pun mematikan komputerku.

0 comments: